TIPE BIAS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

CONTOH TIPE BIAS


a)      Bias Pengumpulan Data

Suatu Penelitian dilakukan untuk menganalisi ekonomi petani Sagu di Kab. Sagihe. Propinsi Sulut. Di kabupaten tersebut terdapat 8 Kecamatan sentra petani sagu. Namun akibat keterbatasan waktu dan biaya, penelitian dilakukan hanya pada 2 Kecamatan yang berdekatan. Pengambil keputusan berangapan bahwa hasil penelitian ke dua desa tersebut telah mewakili keseluruhan kabupaten, sehingga pengambilan keputusan dari hasil penelitian tersebut menghasilkan bias. Hal ini terjadi karena data yang diperoleh bukan berasal dari hasil penelitian 8 kecamatan sentral Sagu di Kabupaten tersebut.

 

b)      Bias Analisis Data

Penelitian dilakukan untuk melakukan survey pemenang dalam pilkada di Kabupeten tertentu. Namun kegiatan penelitian ini dibiayai oleh salah satu calon Bupati yang bertarung. Peneliti mengumpulkan data hanya di daerah basis pendukung calon bupati tesebut. Sehingga hasil penelitian didapat bahwa calon bupati yang menang adalah bupati yang membiayai penelitian. Hasil pengambilan keputusan dari penelitian survey ini menghasilkan bias, karena data yang digunakan bukan berasal dari data yang benar dan dari awal penelitian survey ini hanya ingin memenangkan calon bupati yang membayar kegiatan penelitian survey ini.

 

c)      Bias Intepretasi Data

Suatu perusahaan produk Air Kemasan akan menghasilkan produk baru berupa air kemasan memiliki rasa buah. Pada saat itu air kemasan sangat diminati oleh masyarakat. Jadi perusahaan tersebut dengan rasa percaya yang tinggi bahwa produk air kemasan rasa buah ini akan diminati masyarakat sehingga tidak perlu melakukan penelitian apakah produk tersebut akan diterima masyarakat. Sehingga keputusan untuk memasarkan produk baru tersebut dapat menghasilkan bias, karena produk tersebut belum tentu diterima oleh masyarakat.

 

2.      Cara menghindari bias

a)      Memberikan cukup waktu dalam melakukan proses pengambilan keputusan

b)      Menyusun hipotesa yang benar dan adil terhadap persoalan yang sedang dihadapi

Dalam mengambil keputusan harus melibatkan proses melakukan pengumpulan dan analisis data yang baik dan benar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN PENGAJUAN ANGKA KREDIT TAHUNAN PENELITI

FOTOPERIODISME DAN FITOKROM

PERANAN PUPUK : N, P, K BAGI TANAMAN