Negosiasi

CONTOH NEGOSIASI



Jawab

1.      Suatu perusahaan PT. Porang Jaya yang bergerak dalam penyedian umbi porang kekurangan bahan yang akan di eksport. Untuk meningkatkan pasokan umbi porang tersebut pihak perusahaan melakukan usaha kerja sama berupa pinjam lahan ke beberapa pihak, baik swasta ataupun Pemerintahan.

Salah satu pihak Pemerintahan  yang diminta melakukan kerjasama adalah Dinas Perkebunan. Poin-poin kerja sama yang diberikan pada pihak Dinas Perkebunan adalah :

a)   Pihak Perusahaan PT. Porang Jaya Menyediakan bibit porang secara gratis kepada pihak Dinas Perkebunan untuk ditanam di bawah tegakan tanaman kelapa di lahan Perkebunan kelapa milik Dinas seluas 4 Ha.

b)   Pihak PT. Porang Jaya akan membeli hasil panen dari tanaman porang tersebut beruapa panen basah umbi porang sebesar Rp 5.000,- / Kg.

c)     Untuk tenaga kerja penanaman dan perawatan serta bahan pemupukan merupakan tanggung jawab dari Dinas Perkebunan.
Namun dari Pihak Dinas Perkebunan belum menyetujui poin-poin kerjasama yang diajukan oleh pihak PT. Porang Jaya. Dari pihak Dinas Perkebunan menyampaikan beberapa poin-poin keinginan mereka yaitu :

a)         Pihak PT. Porang Jaya Membeli Umbi porang hasil panen basah tanaman porang yang di tanam Dinas Perkebunan dengan harga Rp. 15.000,-  / Kg

b)        Pihak PT. Porang Jaya menyediakan 8 Pompa air bor tanah pada lahan 4 Ha yang akan ditanami tanaman porang (Masing-masing 1 Ha ada 2 pompa air bor tanah).

 

Akibat dari masing-masing pihak menyampaikan keinginannya masing-masing, maka dilakukan lah negosiasi diantara kedua belah pihak untuk mendapatkan titik temu (win-win negotiation).

Dari hasil negosiasi antara kedua belah pihak didapatlah poin-poin kesepakatan yaitu :

a)         Pihak Perusahaan PT. Porang Jaya Menyediakan bibit porang secara gratis kepada pihak Dinas Perkebunan yang akan ditanam di bawah tegakan tanaman kelapa di lahan Perkebunan kelapa milik Dinas Perkebunan seluas 4 Ha.

b)        PT. Porang Jaya akan membeli umbi porang hasil panen basah tanaman porang yang di tanam Dinas Perkebunan dengan harga Rp. 10.000,- / Kg

c)         PT. Porang Jaya menyediakan 4 Pompa air bor tanah pada lahan 4 Ha yang akan ditanami tanaman porang (Masing-masing 1 Ha ada 1 pompa air bor tanah).

d)        Untuk tenaga kerja penanaman dan perawatan serta bahan pemupukan merupakan tanggung jawab dari Dinas Perkebunan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN PENGAJUAN ANGKA KREDIT TAHUNAN PENELITI

FOTOPERIODISME DAN FITOKROM

PERANAN PUPUK : N, P, K BAGI TANAMAN